Agar Tidak Pegal Karena Terlalu Banyak Duduk

Diposting oleh Unknown on Selasa, 08 Juli 2014

Agar Tidak Pegal Karena Terlalu Banyak Duduk - Duduk terlalu lama terkadang menyebabkan badan terasa pegal. Hal ini biasanya dialami para karyawan, terlebih jika pekerjaan sedang banyak. Tentu saja, kondisi ini akan membuat hari kerja selanjutnya menjadi tidak nyaman. Untuk menghindari rasa pegal ini, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan ketika di kantor. Inilah keempat caranya, yang dilansir dari situs ABC Australia:

1. Sambil Berdiri
Cara paling mudah untuk menghindari pegal akibat banyak duduk tentu saja dengan banyak berjalan. Namun bila pekerjaan memang tengah sibuk-sibuknya dan tidak memungkinkan Anda untuk kemana-mana, cara ini bisa dilakukan. Yakni dengan melakukan kegiatan kerja sambil sesekali berdiri. Misalnya dengan menelepon atau mengobrol dengan rekan sambil berdiri. Paling tidak cara ini akan merilekskan otot yang menegang dan menjauhkan dari rasa pegal yang berlebihan saat keesokan harinya.

2. Naik Tangga
Saat pekerjaan menuntut Anda untuk duduk seharian, banyak-banyaklah naik turun lantai menggunakan tangga. Selain bisa menghindarkan tubuh dari rasa pegal, banyak bergerak dengan naik turun tangga juga bisa membantu membakar timbunan lemak. 

3. Berjalan ke Meja Rekan
Daripada mengirim pesan melalui email, lebih baik hampiri rekan dan berbincang langsung dengannya. Terlebih jika jarak rekan cukup jauh dengan tempat duduk Anda. Jadikan kesempatan itu sebagai pelepas pegal dan intermezzo agar tidak bosan. 
Agar Tidak Pegal Karena Terlalu Banyak Duduk

4. Stretching
Cara sederhana lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan peregangan ketika tubuh dirasa sudah mulai pegal. Namun hati-hati juga dalam menggerakan tubuh ketika streching ini. Banyak orang yang memiliki kebiasan melakukan streching sampai tulang berbunyi. Meski terasa melegakan, menurut para dokter cara ini belum tentu baik karena dapat menyebabkan urat atau tulang salah bergeser dan menimbulkan calaka serta rasa sakit.