Alasan Cewek Bertahan Dengan Pria Peselingkuh

Diposting oleh Unknown on Selasa, 08 Juli 2014

Alasan Cewek Bertahan Dengan Pria Peselingkuh - Ketika pasangan berselingkuh, beberapa wanita bersikap tegas dengan langsung meninggalkannya. Namun, tidak sedikit wanita yang tetap bertahan dan mau memaafkan pria yang sudah mengkhianatinya.

Seperti survei yang diselenggarakan Wolipop beberapa waktu lalu. Penelitian kecil-kecilan yang dilakukan Wolipop terhadap 128 responden melalui sosial media menunjukkan, 25% responden yang bersedia memaafkan dan memberi kesempatan lagi pada kekasihnya yang telah berselingkuh untuk memperbaiki kesalahannya.

Banyak alasan yang melatarbelakangi keputusan mereka itu. Ada yang karena ingin menunjukkan bahwa dirinya orang yang setia dan karena kasihan. "Beri kesempatan ke-2. Alasannya? Karena cinta itu memaafkan," ujar salah satu responden. "Mengampuni itu proses kedewasaan," tulis responden lain dalam akun Twitternya.

Alasan Cewek Bertahan Dengan Pria PeselingkuhMenurut psikolog terdapat beberapa alasan tertentu yang membuat sebgian wanita mengampuni kesalahan pria yang terbilang cukup fatal tersebut. Apa saja?

1. Takut Tidak Punya Pacar Lagi
Bagi wanita yang kurang percaya diri, memutuskan kekasih menjadi keputusan yang sulit untuk dilakukan karena mereka takut tidak bisa lagi memiliki kekasih. Selain itu ada juga faktor dari pihak lain, misalkan keluarga yang sudah menanyakan keseriusan hubungan. Menurut psikolog klinis dewasa, Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, banyak wanita yang merasa takut bila setelah putus malah sulit dapat kekasih, sehingga memilih bertahan meski perasaan tersayat.

2. Takut Sendiri
Alasan lain wanita takut mengakhiri hubungan meski tahu pasangannya telah mendua adalah karena takut sendiri. Wanita takut merasa kesepian jika ditinggal oleh kekasih. Umumnya, wanita yang seperti ini kepercayaan dirinya rendah sehingga bergantung dengan kekasihnya.

"Mungkin saja takut sendirian karena wanita kalau cinta lebih nggak logis, atau ketakutan-ketakutan lainnya bisa saja terjadi," tutur psikolog yang akrab disapa Diana itu.

3. Percaya dengan Permintaan Maaf Kekasih
Meski sakit hati, namun terkadang wanita memberikan kesempatan kedua karena permintaan maaf kekasih yang sungguh-sungguh. Cara pria memohon, bisa meluluhkan hati wanita dan karena masih cinta, terkadang wanita memberikan maaf dan mencoba kembali ke pelukannya. Padahal, orang yang telah berselingkuh, biasanya akan kembali mengulang kesalahaan yang sama.

"Kalau dia melakukan ini sekarang ya kemungkinan dia melakukan ini terus akan besar, dan bisa terulang di pernikahan. Dia nyeleweng lagi ya nyeleweng lagi," ujar Diana.