Cara meredakan sakit punggung

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 28 Juni 2014

Cara meredakan sakit punggung - Sakit punggung kerap dianggap sebagai gangguan kecil dan umum terjadi pada banyak orang. Namun sakit punggung sebaiknya jangan disepelekan. Pada kondisi kronis, sakit punggung bisa menyulitkan orang beraktivitas bahkan menyebabkan kelumpuhan. Sebagian besar orang biasanya mengatasi sakit punggung dengan menenggak obat penghilang nyeri atau rasa sakit. Tapi cara itu ternyata tidak disarankan karena hasilnya hanya sementara. Ketimbang menghilangkan sakitnya, lebih baik menyembuhkannya secara total. Ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit punggung, seperti yang direkomendasikan TV 17 dari CNN.

Sakit Punggung

1. Yoga
Studi yang dilakukan di Inggris dan telah dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine, penderita sakit punggung yang mengikuti kelas yoga satu kali seminggu selama tiga bulan, fungsi geraknya mengalami peningkatan ketimbang responden yang hanya mengonsumsi obat atau terapi fisik.

2. Stretching
Dalam studi yang sama, stretching juga sama efektifnya dengan yoga dalam menyembuhkan sakit punggung. Disarankan melakukan gerakan stretching secara rutin, minimal tiga kali seminggu yang difokuskan pada titik-titik peregangan punggung. Minta bantuan personal trainer untuk membantu Anda melakukan stretching yang benar.

3. Pijat
Sakit punggung yang sudah kronis, terutama pada bagian bawah bisa diatasi dengan pijat. Hasil studi yang dimuat dalam jurnal Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa penderita sakit punggung yang mendapat pijatan setiap minggunya, rasa sakitnya jadi berkurang setelah dipijat selama 10 minggu ketimbang yang tidak.

4. Akupunktur
Dalam sebuah studi, orang yang menjalani terapi akupunktur cenderung lebih cepat sembuh dari sakit punggung ketimbang responden yang mendapatkan perawatan konvensional (minum obat -red).

5. Terapi Fisik
Ini adalah cara yang paling umum dalam mengatasi sakit punggung. Terapi fisik yang dilakukan dalam dua minggu bisa mengurangi risiko kelumpuhan pada penderita sakit punggung akut. Terapi fisik biasanya dilakukan dengan arahan dokter spesialis tulang atau fisioterapi.

6. Kurangi Stres
Menjaga mood tetap positif ternyata bisa membantu menurangi sakit pada punggung. Ketika gelisah, tubuh akan menempatkan diri dalam mode 'fight or flight'. Kondisi ini membuat otot-otot Anda mengencang dan tegang. Akibatnya sakit punggung jadi bertambah parah. Satu studi yang dilakukan di Eropa menunjukkan bahwa orang yang sering memiliki pemikiran negatif dan gelisah cenderung lebih berisiko menderita sakit punggung.

7. Meditasi
Meditasi telah terbukti secara ilmiah bisa membantu mengurangi sakit punggung kronis. Penelitian dari Duke University menemukan bahwa orang yang menderita sakit punggung kronis, kondisinya mengalami kemajuan setelah menjalani meditasi yang berfokus pada pelepasan amarah. Dalam studi lainnya terungkap, orang yang  bermeditasi sakit punggungnya berkurang hingga 40 persen.

Demikian tadi beberapa tips tentang Cara meredakan sakit punggung tanpa harus bergantung pada obat-obatan,dan anda bisa mencoba sendiri dirumah sebagai terapi ataupun mengatasi siksaan sakit punggung yang memang sangat mendera.